Contohnya seperti dibawah ini :
- Sebuah gambar yang memiliki kode bisa menjadi nyata bila digabunggangkan dengan alat atau teknologi Augmented reality.
- Backgroud yang aslinya berwarna hijau bisa diganti dengan keinginan kita dengan bantuan agmented reality.
Augmented juga memiliki 2 metode dan metode tersebuat adalah.
1. Marker Augmented Raelity
Metode ini muncul dan dikembangkan sejak 1980an. Metode ini berbentuk ilustrasi hitam, putih dan bergaris pojok hitam tebal dan juga berlatar belakang putih. Biasanya komputer akan mengenali posisi dan orientasi marker dan menciptakan dunia virtual 3D yaitu titik (0,0,0) dan 3 sumbu X,Y,Z.
2. Markerless Augmented Reality
Metode ini adalah metode yang sedang berkembang dikarenakan metode ini, pengguna tidak perlu lagi menggunakan marker untuk menampilkan elemen digitalnya.
Sekarang ini perusahaan Augmented Reality terbesar didunia telah membuat teknik Markerless Tracking sebagai teknologi andalan mereka, seperti Face Tracking, 3D Object Tracking, Motion Tracking, GPS Based Tracking.
- Face Tracking
Teknik ini memanfaatkan perkembangan alogaritma pada komputer sehingga dapat digunakan untuk mengenali struktur wajah manusia seperti posisi mata, hidung, kuping, dll, dan mengabaikan objek lain yang buka termasuk struktur wajah seperti pohon, rumah, dll.
- 3D Object Tracking
Teknik ini berbeda dengan teknik Face Tracking karena teknik ini tidak hanya untuk mendeteksi strukture wajah tapi bisa untuk mendeteksi benda benda yang ada disekitarnya, seperti tv, pohon, hp, dll
- Motion Tracking
Teknik ini menggunakan komputer sebagai alat untuk menangkat
gerakan. Sekarang teknik iki sering digunakan para pembuat film untuk
mensimulasikan sebuah gerakan dalam film.
- Gps Based Tracking
Teknik ini merupakan teknik yang sedang banyak dikembangkan
atau sedang populer saat ini terutama pada pengguna semartphone android
dan iphone dikarenakan teknik ini memanfaatkan fitur gps dan kompas
pada smartphone sehingga aplikasi dapat mengambil data lokasi dan dapat
menampilkan dalam bentuk arah secara realtime (nyata),
0 komentar:
Posting Komentar